Cara Menulis Surat Pernyataan Anak Untuk CPNS



Langkah-langkah Menulis Surat Pernyataan Anak



1. Tentukan format surat yang akan digunakan, biasanya surat ini menggunakan format surat resmi.
2. Tuliskan identitas diri anak, seperti nama, tempat/tanggal lahir, dan alamat.
3. Buatlah pernyataan bahwa anak tersebut tidak memiliki hubungan keluarga dengan siapapun yang berada di lingkungan kerja instansi pemerintah tempat orang tua mereka akan bekerja.
4. Jangan lupa untuk menandatangani surat pernyataan dan mengisi tanggal penulisan surat.
5. Pastikan surat pernyataan anak disertai dengan fotokopi KTP atau akta kelahiran anak.


Contoh Surat Pernyataan Anak



Berikut adalah contoh surat pernyataan anak yang bisa menjadi referensi dalam membuat surat pernyataan anak untuk CPNS:
[Alamat Pengirim]
[Tanggal]
Kepada Yth.
Panitia Seleksi CPNS
[Instansi]
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : [Nama Lengkap Anak]
Tempat/Tanggal Lahir : [Tempat/Tanggal Lahir Anak]
Alamat : [Alamat Anak]
Dengan ini saya menyatakan bahwa saya adalah anak dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang bernama [Nama Orang Tua]. Saya dengan tegas menyatakan bahwa saya tidak memiliki hubungan keluarga dengan siapapun yang bekerja di lingkungan instansi pemerintah tempat orang tua saya akan bekerja.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan tanpa paksaan dari siapapun. Atas perhatian dan kerja sama yang baik saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
[Nama Lengkap Anak]


Kesimpulan



Surat pernyataan anak merupakan salah satu syarat penting dalam pendaftaran CPNS. Dalam membuat surat pernyataan anak, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya dan menggunakan bahasa yang jelas dan lugas. Dengan begitu, surat pernyataan anak akan menjadi sah dan memenuhi syarat yang dibutuhkan oleh panitia seleksi CPNS.

close